Proses Brewing V-60.
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Fun Brewing V-60, Disini Skill Barista Diuji Dalam Menyeduh Kopi

Senin, 28 Maret 2022 - 18:59 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kopi yang nikmat tidak hanya dihasilkan dari biji kopi yang diolah dari proses yang baik dan sempurna. Namun juga ditentukan dari bagaimana proses penyajian kopi tersebut. 

Di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sejumlah barista uji skill dalam lomba meracik kopi degan menggunakan teknik Brewing V-60 yang digelar di Melva Balemong, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Brewing V-60 merupakan salah satu teknik dalam menyedu kopi secara manual dengan menggunakan kertas saring v-60. Dimana kopi di taruh dalam kertas saring lalu disedu dengan air panas. Tiap gerakan dan teknik dalam menyeduh akan menghasilkan rasa yang berbeda. 

Beberapa proses menyeduh kopi saat ini juga mulai berkembang terutama bagi para pengelola kedai kopi, mulai dari kopi tubruk, espreso baik manual maupun dengan mesin, hingga dripper. 

Nah proses yang terakhir atau dripper atau menyeduh kopi dengan saringan V-60 saat ini cukup populer terutama dikalangan anak muda karena dianggap bisa menjaga cita rasa dari kopi yang diseduh. 

Perlombaan teknik brewing V-60 sangat diminati, karena semakin banyaknya para pengusaha muda yang mulai melirik bisnis kopi kekinian saat ini. 

Perlombaan ini diikuti kurang lebih 30 barista yang berasal dari Boyolali, Salatiga, Semarang dan Kabupaten Semarang. yang merupakan barista berbakat. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral