Pohon jambu kristal yang pendek tapi sudah berbuah lebat..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Melihat Budidaya Jambu Kristal di Semarang, Manis Renyah Mirip Apel

Kamis, 10 Maret 2022 - 11:14 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kota Semarang, Jawa Tengah, meski menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia, tapi tetap memiliki wilayah pertanian dan perkebunan yang subur. Terutama di wilayah yang berbatasan dengan Ungaran dan Kendal. 

Seperti di Kampung Kuncen, Kelurahan Bubakan Kecamatan Mijen, Semarang. Warga memanfaatkan lahan dengan budidaya buah unggulan yaitu jambu kristal.

Lahan sekitar satu hektar menjadi tempat untuk  budidaya jambu ini. Selain untuk usaha perkebunan, lahan ini juga menjadi laboratorium warga desa untuk ikut mengembangkan tanaman jambu kristal.

Lalu apa sih keunggulan jambu tersebut?

"Pohon jambu kristal sudah berbuah meski baru berumur enam bulan. Tinggi pohon juga hanya satu hingga dua meter. Buahnya sangat lebat. Dan yang istimewa, daging buahnya sangat tebal dan nyaris tanpa biji. Tekstur buahnya mirip dengan apel yang renyah dan manis," kata Kholil, petani jambu kristal di Kampung Kuncen.

Perawatan tanaman ini sangat mudah tapi harus rutin melakukannya. Dari menyiangi rumput hingga selalu mengecek kondisi pohon dan buah. Jumlah buah di pohon terutama yang kualitasnya kurang baik harus dikurangi agar buah lainnya bisa tumbuh maksimal dan berukuran besar.

Penyiraman juga harus rutin, terutama di musim kemarau. Untungnya, warga sudah bisa membuat embung di sebelah atas. Fungsinya untuk menampung air hujan sehingga saat musim kemarau para petani tidak kekurangan air yang dibutuhkan tanaman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral