Ikan patin dengan bumbu, sebelum dibakar dalam bambu utuh.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Sedapnya Ikan Patin Bumbung, Dibakar Dalam Bambu

Senin, 28 Februari 2022 - 08:23 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Menikmati kuliner itu, selain soal rasa dan aroma, cara masak yang beda pun bisa membuat masakan menjadi lebih sedap dan menggugah selera. Seperti di Kota Semarang, ada tempat makan yang mengolah ikan patin dengan membakarnya di dalam bambu utuh.

Aroma bambu dan daun pisang yang membungkus di dalamnya, membuat rasa dan aroma ikan patin menjadi lebih sedap di lidah.

Ikan patin merupakan salah satu ikan yang memiliki daging tebal dan rasa gurih. bermacam menu bisa dibuat dengan ikan ini.  Salah satunya ikan patin bumbung. Jadi, ikan patin yang dibumbu pedas, lalu dimasukkan ke dalam bambu untuk lalu dibakar.

Ikan yang dipakai adalah ikan patin berukuran agak besar. Bumbunya adalah cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe dan rempah lainnya, serta garam. Semua bumbu digerus hingga tercampur jadi satu. Lalu digoreng sangrai. Sementara ikan patin yang sudah dibumbui garam dan jeruk nipis digoreng setengah matang.

Bumbu yang sudah disangrai lalu dituang di atas daun pisang. Diatasnya ditaruh ikan patin goreng dan dilumuri lagi dengan bumbu cabe. Lalu digulung dan dimasukkan ke dalam lubang bambu.

Bambu berisi ikan kemudian dibakar diatas tungku dengan bahan bakar arang. Butuh waktu sekitar setengah jam agar ikan di dalam bambu benar-benar matang dan memiliki aroma daun pisang dan bambu yang segar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
02:49
06:34
01:55
02:35
01:52
Viral