Kethek semakin nikmat manakala disajikan hangat-hangat dengan nasi pulen..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Gurihnya Kethek, Makanan dari Perasan Ampas Dibungkus Daun Pisang

Senin, 28 Februari 2022 - 07:50 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Kuliner khas yang satu ini semakin semakin jarang ditemui, terlebih dikawasan perkotaan, namanya cukup unik, Kethek. Makanan khas pedesaan ini terbungkus daun pisang, rasanya gurih, bertekstur lembut berminyak nabati dengan aroma khas menghasilkan citarasa gurih, seringkali memancing rasa penasaran para pemburu kuliner, di Kebumen. 

Kethek sendiri biasanya disandingkan dengan nasi ataupun gethuk. Kethek  akan semakin nikmat manakala disajikan hangat-hangat dengan nasi pulen dan gethuk yang hangat juga. Tak jarang, para pemburu kuliner terbius dengan kenikmatan  kethek yang kini semakin langka.

Imah (40) salah satu penjual kethek  asal Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong menjelaskan, kethek sendiri dibuat dengan bahan dasar blondo atau perasan ampas pembuatan minyak kelapa yang dikukus dan dibumbui dengan cabai, garam, bawang putih, bawang merah, kencur, lengkuas, serta bumbu rempah lainnya.

"Untuk memperkaya citarasa dari kethek, biasanya kita campur dengan tambahan klandingan atau sering disebut pete cina. Nikmate poolll mas," ujar Imah ditemui di warung miliknya, Minggu (27/2/2022).

Imah menambahkan, nama kethek  sendiri sudah ada sejak dulu, sejak ia kecil hingga sekarang. Resep memasaknya pun diwariskan secara turun temurun. Ia mengaku tidak tahu mengapa makanan tradisional itu dinamai kethek.

"Kok bisa dinamai kethek, saya ndak tau. Pokoke dari dulu kethek yaa ngene iki mas, dari warna gak ada yg menarik tapi rasanya gurih," tambah Imah tersenyum.

"Gurih tur lezat banget mas, pokoke enak lah dibandingkan makanan cepat saji model fried chicken saya lebih milih makan kethek seperti ini," saut Syarif, salah seorang pengunjung saat menikmati kethek di warung Imah.

Menurut Syarif salah satu penggemar makanan kethek ini, mengaku sangat menyukai kethek sejak ia kecil. Kethek punya citarasa khas yang belum ada duanya diantara makanan masa kini atau makanan instan kekinian. (Wahyu Kurniawan/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral