Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

Mengenal Sejarah Singkat Gedung Sate di Kota Bandung, Asal Nama, Perancang dan Gaya Bangunan

Sabtu, 4 Mei 2024 - 05:00 WIB

Bandung, tvonenews.com - Bicara soal kota Bandung, rasanya hampir semua orang mengetahui bangunan bersejarah dan paling ikonik di kota berjuluk Paris Van Java ini, yakni Gedung Sate.

 
Namun begitu, masih banyak orang yang bertanya asal usul penamaan Gedung Sate. Siapakah yang pertama kali yang menyebut dan menamakan bangungan tersebut. 

Mengenai itu, yuk kita simak sedikit sejarah singkat dari Gedung Sate di Kota Bandung.


Gedung Sate merupakan bangunan tua yang ikonik di kota Bandung. Sejak 1980 hingga saat ini bangunan yang terletak di Jalan Diponegoro nomor 22 Kota Bandung, di fungsikan sebagai kantor Gubernur Jawa Barat.
 

Dibangun pada tahun 1920-1924, arsitektur bangunan ini dirancang oleh tim yang dipimpin oleh Ir. J. Gerber, Eh. De Roo, dan G. Hendriks, serta Gemeente van Bandoeng yang diketuai oleh V.L. Sloors.

 
Pembangunan Gedung Sate merupakan bagian dari program pemindahan pusat militer pemerintah Hindia Belanda dari Meester Cornelis ke wilayah Bandung.Gedung ini dirancang dalam satu komplek perkantoran untuk instansi pemerintah (Gouvernements Bedrijven/GB).
 

Saat itu, Gedung Sate merupakan gedung kantor Department Verkeer en Waterstaat (Departemen Pekerjaan Umum dan Pengairan) dan di sisi timur laut terdapat gedung Hoofdbureau Post Telegraaf en Telefoondienst (Pusat Pos, Telegraf, dan Telepon).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
01:36
02:54
03:23
03:27
02:20
Viral