Gubernur Sumbar, Mahyeldi membuka Festival Kesultanan Pagaruyung di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datang, Rabu (19/7) malam. (FOTO ANTARA/Miko Elfisha).
Sumber :
  • Antara

Sambung Silaturahim Kerajaan, Festival Kesultanan Pagaruyuang Digelar

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:54 WIB

Batusangkar, tvOnenews.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyatakan Festival Kesultanan Pagaruyuang di Istano Silinduang Bulan, Kabupaten Tanah Datar pada 19-21Juli 2023 berupaya menyambung kembali tali nasab dan silaturahim dari kerajaan itu yang tersebar hingga beberapa negara di Asia Tenggara.

“Festival ini momentum untuk menyambung kembali silaturahim antara Kesultanan Pagaruyung dan kerajaan-kerajaan yang berhubungan dengan Pagaruyung di Nusantara dan di negara Asia Tenggara," katanya di Batusangkar, Rabu (19/7/2023) malam.

Saat membuka Festival Kesultanan Pagaruyung di Batusangkar, ia mengatakan banyak kerajaan yang berkaitan dengan Pagaruyung melalui hubungan Sapiah Balahan, Kaduang Karatan, Kapal Radai, Timbang Pacahan.

Sapiah Balahan adalah keturunan raja dari pihak perempuan secara matrilineal yang di rajakan di luar Pagaruyung.

Kuduang Karatan adalah keturunan raja Pagaruyung dari pihak sebelah laki-laki. Kapak Radai, dan Timbang Pacahan adalah orang-orang besar, raja-raja di rantau, datuk-datuk perangkat raja Pagaruyung yang diangkat dan diberi penghormatan oleh raja Pagaruyung.

Tercatat sekitar 38 kerajaan yang berhubungan dengan Pagaruyung lewat hubungan Sapiah Balahan dan Kuduang Karatan sementara 36 kerajaan berhubungan Kapak Radai dan Timbang Pacahan.

“Dalam festival ini juga akan ada seminar yang mengkaji ranji limbago kesultanan Pagaruyung tersebut. Ini harus dicatat dan didokumentasikan," katanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral