Teman Bumil bekerjasama dengan BKKBN dan Ikatan Bidan Indonesia, berkomitmen menurunkan angka stunting.
Sumber :
  • Istimewa

Dokter Ungkap Ada 3 Hormon yang Berpengaruh Terhadap Perubahan Psikis Ibu Hamil di Momen Ulang Tahun Teman Bumil

Selasa, 29 November 2022 - 11:25 WIB

Jakarta - Ungkapan bahwa ibu bahagia akan menciptakan generasi penerus yang sehat dan hebat bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, ada banyak masalah kesehatan yang bisa mengintai jika ibu tidak bahagia selama menjalani kehamilannya. 

Tak berhenti sampai di situ, ibu yang tidak bahagia setelah melahirkan berujung mengganggu tumbuh kembang anak, bahkan dapat membahayakan dirinya sendiri sekaligus anak.

Menurut dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin saat menghadiri acara perayaan ulang tahun Teman Bumil kelima yang turut didukung oleh Herba Asimor dan Fodamil pada Selasa (29/11/2022), selama masa kehamilan banyak perubahan yang terjadi pada wanita, mulai dari fisik hingga psikis, serta yang tidak tampak, yaitu perubahan hormonal.

Pada trimester pertama, hormon yang meningkat dalam tubuh wanita antara lain hormon estrogen dan progesteron. Ditambah lagi, ada pula hormon kehamilan yang muncul, yakni hormon beta chorionic gonadotropin (beta hCG), yang kerap mengakibatkan mual dan muntah. 

“Makanya enggak heran trimester pertama sekitar 75-80% ibu hamil pasti mual. Nah, yang 20% enggak mual atau istilahnya hamil kebo,” ujar dr. Dara. 

Ketiga hormon tersebut sangat berpengaruh terhadap perubahan psikis ibu hamil, sehingga jadi lebih sedih, menangis, dan gampang marah-marah. Ini selaras dengan survei yang dilakukan oleh Teman Bumil terhadap 1.504 ibu hamil, 64,6% mengaku lebih mellow dan sering sedih, sementara 38,4% mengaku jadi lebih stres selama hamil.

Selain masalah hormonal, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi pemicu ibu hamil tidak bahagia atau stres. Saat ditanyakan oleh Teman Bumil, kondisi finansial yang belum stabil (44,3%) berada di urutan pertama. Kemudian, disusul dengan masalah kehamilan yang cukup mengganggu (35,8%), belum atau sulit menyiapkan biaya persalinan (23,9%), masih harus bekerja atau mengurus seluruh pekerjaan rumah tangga sendirian (21,5%), dan menjalani kehamilan sambil mengurus anak (20,7%).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral