IMF Tidak Menyarankan Bank Komersial Bergantung Kepada CBDC.
Sumber :
  • Istimewa

Lembaga Moneter IMF Ingatkan Bank Komersial Tidak Bergantung Pada Mata Uang Bank Sentral

Selasa, 12 Juli 2022 - 22:20 WIB

Nusa Dua, Bali- Dana Moneter Internasional (IMF) tidak menyarankan bank-bank komersial bergantung pada mata uang digital bank sentral (CBDC) meskipun ada manfaat yang ditawarkan terutama untuk pengembangan layanan pembayaran.

“CBDC punya keterbatasan apabila dibandingkan dengan mata uang konvensional,” kata Division Chief in the Monetary and Capital Markets Department IMF, Tommaso Mancini Griffoli di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (12/07/2022).

Griffoli mengatakan bahwa CBDC dapat memberi keuntungan. Misalnya kemudahan layanan pembayaran. Sebab, saat ini banyak konsumen memanfaatkan pembayaran berbasis digital.

“Namun, pertimbangan untuk menggunakan CBDC harus diukur dari faktor stabilitasnya,” ujar pejabat IMF itu pada diskusi acara side event pertemuan ke-3 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (FMCBG) dan Deputi Bidang Keuangan dan Bank Sentral G20 (FCBD).

Menurut dia, deposito di bank komersial dan CBDC harus dibandingkan, terutama dari segi stabilitasnya sebagai alat penyimpanan, dan dari segi kemudahannya sebagai alat pembayaran. Sejauh ini, belum jelas apakah CBDC lebih unggul,” kata Griffoli saat menjawab pertanyaan salah satu peserta diskusi.

Apabila CBDC tidak menawarkan suku bunga (interest rate) sementara deposito bank komersial memberikan jaminan yang lebih baik, maka menurut Griffoli, alat yang kedua lebih aman. Jika situasinya demikian, maka bank-bank masih akan mempertahankan deposito.

Menurut Griffoli, CBDC hanya perlu dilihat sebagai pelengkap, bukan alat yang utama. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
Viral