Menkominfo Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa pemerintah telah meminta Google dan Apple untuk memblokir aplikasi e-commerce Temu..
Sumber :
  • Istimewa

E-Commerce China Meresahkan! Pemerintah Minta Google dan Apple Blokir Temu di Indonesia, Budi Arie Ungkap Aplikasi Ada Serupa

Jumat, 11 Oktober 2024 - 21:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah secara resmi telah meminta kepada Google dan Apple agar memblokir aplikasi e-commerce asal China, Temu, agar tidak bisa diunduh di Indonesia.

Langkah ini diambil untuk melindungi para pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia dari persaingan produk murah yang ditawarkan oleh Temu, yang dimiliki oleh PDD Holdings.

Mengutip Reuters, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, menyampaikan bahwa meski belum ditemukan transaksi dari masyarakat Indonesia di platform Temu, pemerintah tetap mengambil langkah antisipatif.

Tujuan utamanya adalah menjaga kelangsungan bisnis UKM lokal yang bisa terdampak oleh harga murah dari produk-produk Temu. 

Pesatnya perkembangan Temu di berbagai negara membuat banyak pihak menyoroti model bisnis mereka, yang menawarkan produk dengan harga sangat rendah berkat pengiriman langsung dari pabrik di China.

Menurut Budi Arie, model bisnis Temu sangat meresahkan dan dianggap tidak sehat karena menciptakan persaingan yang tidak adil.

"Kami di sini bukan untuk melindungi e-commerce, tetapi kami melindungi usaha kecil dan menengah. Ada jutaan yang harus kita lindungi," tegas Budi, dikutip Jumat (11/10/2024).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:21
02:29
04:33
02:43
01:01
05:04
Viral