Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Direktur Eksekutif Prakerja Deni Puspa Purbasari dalam Media Briefing 5 Tahun Prakerja di Gedung Ali Wardhana, Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024)..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Rilo Pambudi

Program Prakerja Tembus 18,9 Juta Peserta, Bikin Negara-Negara Ini Kepincut Ikuti Jejak Indonesia: Apa Suksesnya?

Rabu, 2 Oktober 2024 - 19:07 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Program Kartu Prakerja yang diluncurkan di tengah krisis pandemi COVID-19 pada tahun 2020 lalu, rupanya telah mencatatkan prestasi gemilang.

Dengan capaian 18,9 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia, program ini diakui sebagai salah satu program unggulan pemerintah dalam meningkatkan keterampilan kerja, kewirausahaan, dan daya saing angkatan kerja Indonesia. 

Tak hanya di dalam negeri, Prakerja kini telah menjadi model yang diadopsi oleh negara-negara lain yang meniru skema program Prakerja.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, dalam sesi Media Briefing 5 Tahun Prakerja, di di Gedung Ali Wardhana, Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024) sore.

"Prakerja menjadi contoh reformasi birokrasi yang sukses, di mana dana bantuan langsung dari kas negara mengalir ke penerima tanpa hambatan. Ini adalah bukti nyata bahwa digitalisasi mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik," ujarnya.

Dengan sistem digitalisasi "end-to-end", mulai dari pendaftaran hingga pencairan dana, Prakerja telah menunjukkan inovasi yang memungkinkan pengelolaan program bantuan sosial secara efisien dan transparan.

Program yang pada awalnya dirancang sebagai solusi tanggap darurat pandemi ini telah berkembang menjadi program semi-bansos yang memberikan beasiswa pelatihan kepada masyarakat terdampak.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral