Gandeng Tsinghua Bangun Kampus di Bali, KEK Kura-Kura Didorong Menjadi Kawasan Pengembangan AI dan Semikondukor.
Sumber :
  • istimewa, Kemenko Perekonomian

Gandeng Tsinghua Bangun Kampus di Bali, KEK Kura-Kura Didorong Menjadi Kawasan Pengembangan AI dan Semikondukor

Minggu, 29 September 2024 - 18:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Kura-Kura Bali, pemerintah mendorong kerja sama dengan Tsinghua University. Kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia asal China ini ditujukan khusus untuk pengembangan AI dan semikonduktor.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa permerintah terus mendorong pengembangan fasiltias pendidikan khusus terkait dengan pengembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan semikonduktor.

“Pemerintah memfasilitasi pendidikan khusus, re-skilling dan up-skilling, dan pendidikan kelas dunia. Diantaranya keberadaan Tsinghua University di Kawasan Ekonomi Khusus Kura-Kura Bali harus diperluas dan diperdalam,” kata Menko Airlangga Hartarto dalam Knowledge Sharing and Networking Event “Shaping The Future Economy: AI & Semiconductor” di Kampus Unity in Diversity (UID) dalam Kawasan Ekonomi Khusus Kura-Kura Bali, Minggu (29/9/2024).

Kegiatan sharing knowledge dan networking tersebut digelar atas kerja sama Dewan Nasional KEK, KEK Kura-Kura Bali, Tsinghua Southeast Asia, dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII). kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan seluruh stakeholder KEK Kura-Kura Bali yakni Pemerintah, akademisi, dan pelaku industri.

“Jadi pertemuan penting ini sungguh penting, karena ini merupakan baby step Indonesia untuk berada di ekosistem AI dan semikonduktor,” kata Menko Airlangga.

Kampus UID

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:26
07:14
02:26
01:45
02:53
02:10
Viral