Pefindo Naikkan Peringkat PT Semen Indonesia Tbk (SIG) menjadi idAAA, Peringkat Tertinggi dari Pemeringkat untuk SMGR.
Sumber :
  • istimewa, PT Semen Indonesia Tbk

Pefindo Naikkan Peringkat PT Semen Indonesia Tbk (SIG) menjadi idAAA, Peringkat Tertinggi dari Pemeringkat untuk SMGR

Selasa, 20 Agustus 2024 - 16:42 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT Semen Indonesia Tbk (SIG) menjadi idAAA (triple A) dengan prospek Stabil. Peringkat holding BUMN semen dengan kode emiten SMGR ini  naik satu tingkat dari sebelumnya idAA+ (double A Plus) dengan outlook Positif.

Sejalan dengan kenaikan peringkat Perusahaan, Pefindo juga menaikkan peringkat Obligasi Berkelanjutan II, serta Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Seri B Tahun 2019, dan Obligasi Berkelanjutan II Tahap I Seri A dan Seri B Tahun 2022 yang diterbitkan oleh SIG.

"Peringkat tersebut mengalami perubahan dari peringkat sebelumnya yaitu idAA+(outlook positif), yang mana obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo," jelas Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BE), Senin (19/8/2024). 

Kenaikan peringkat tersebut, jelasnya, mencerminkan implementasi disiplin oleh SMGR terhadap kebijakan keuangan, kinerja emiten sebagai industri strategis pendukung pembangunan negara, posisi pasar yang kuat yang didukung oleh fasilitas produksi dan logistik yang terdiversifikasi dengan baik, serta profil keuangan yang konservatif.

PT Semen Indonesia Tbk (SIG) dinilai memiliki kemampuan yang kuat dan unggul (superior) untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang, dibandingkan dengan emiten lainnya di Indonesia.

Sempat Turun

Lebih lanjut dijelaskan, perjalanan peringkat SIG oleh Pefindo dimulai pada 2017 dengan peringkat idAA+ Stabil, kemudian mengalami penurunan pada 2019 pasca akuisisi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (d.h. PT Holcim Indonesia Tbk) menjadi idAA+ (outlook Negatif), dan kembali turun menjadi idAA Stabil pada tahun yang sama.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral