Ilustrasi blok migas RI.
Sumber :
  • Antara

Digarap Malaysia, Eksplorasi Harta Karun Migas di Indonesia Timur Area Seram-Aru Rampung, Potensinya Bisa Genjot Program 1 Juta Barel

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 23:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan bahwa Petronas telah menyelesaikan eksplorasi harta karun migas di Indonesia Timur area Seram-Aru.

Survei seismik yang dilakukan oleh perusahaan energi asal Malaysia itu tampung lebih awal, tepatnya pada Juli 2024 lalu.

"Data hasil eksplorasi di Indonesia bagian timur yang didapat dari survei seismik 2D di area lepas pantai Seram sepanjang 1.000 kilometer (km) telah diselesaikan lebih awal," kata Direktur Hulu Migas Kementerian ESDM, Ariana Soemanto, dikutip Sabtu (17/8/2024).

Survei seismik ini dilakukan Petronas melalui PC North Madura II Ltd. (PCNM2) dan merupakan bagian dari pengalihan nilai komitmen pasti sebesar USD 6,8 juta dari eks Wilayah Kerja Surumana yang menjadi kewajiban Petronas Carigali (Surumana) Ltd. (PCSL).

Survei seismik ini dikerjakan dengan teknologi terkini dan menggunakan panjang kabel 12 km yang menjadi bentangan terpanjang dibandingkan dengan akuisisi seismik serupa sebelumnya di wilayah Seram-Aru.

Ariana Soemanto dalam keterangannya mengatakan, survei seismik ini adalah wujud dukungan untuk melihat potensi minyak dan gas bumi di area Seram-Aru.

"Area Seram-Aru ini termasuk dalam bagian lima area fokus untuk percepatan kegiatan eksplorasi Wilayah Indonesia Timur dan diharapkan dapat menambah data geologi dan geofisika, serta memberikan gambaran seismik yang lebih baik di wilayah tersebut," ujar Ariana.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral