Presiden Jokowi, Menko Luhut, Menko Airlangga, dan Menteri Bahlil meresmikan Pabrik Bahan Anoda Baterai Lithium PT Indonesia BTR New Energi Material di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Provinsi Jawa Tengah..
Sumber :
  • Biro Humas Kemenko Perekonomian

Ambisi Indonesia jadi Produsen Utama Anoda Baterai Litium, Jokowi dan Airlangga Paparkan Potensi Pabrik Terbesar Kedua di Dunia

Rabu, 7 Agustus 2024 - 20:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Indonesia telah mengadopsi kebijakan penghentian ekspor bahan mentah dan fokus pada hilirisasi dalam beberapa tahun terakhir.

Langkah ini menjadi bagian dari upaya membangun ekosistem kendaraan listrik dalam negeri. Dengan kebijakan ini, diharapkan Indonesia akan menjadi pemain utama dalam rantai pasokan global di masa depan.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Pabrik Bahan Anoda Baterai Lithium PT Indonesia BTR New Energi Material di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah, Rabu (7/8/2024).

“Rencana yang sudah kita putuskan beberapa tahun yang lalu untuk membangun sebuah ekosistem besar kendaraan listrik, satu per satu mulai kelihatan nyata dan betul-betul sudah ada di negara kita, Indonesia,” kata Jokowi dalam keterangan resmi.

Sebagai informasi, PT Indonesia BTR New Energi telah telah menyelesaikan pembangunan pabrik tahap pertama dalam waktu hanya 10 bulan. 

Sejak beroperasi pada 2023 di KEK kendal, BTR kini menjadi pabrik anoda terbesar kedua di dunia selain di Tiongkok.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral