Pengamat Tata Kota Nirwono Joga menyoroti pernyataan Jakarta butuh APBD sebesar Rp600 untuk jadi Kota Global..
Sumber :
  • Ist

Pengamat Soroti Pernyataan Jakarta Butuh Anggaran Rp600 Triliun untuk Jadi Kota Global: Fokus Dulu Atasi Banjir

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:17 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat Tata Kota, Nirwono Joga menyoroti pernyataan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta, Joko Agus Setyono terkait meminta anggaran Rp600 triliun untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global.

Menurut Nirwono, anggaran milik Jakarta adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terbesar di Indonesia, sehingga dimanfaatkan untuk fokus atasi banjir saja dulu.

Secara tersirat dia menyatakan tidak usah muluk-muluk mengharap anggaran Rp600 triliun apabila masalah utama Jakarta saja tidak bisa diselesaikan dari tahun ke tahun.

"APBD DKI Jakarta adalah terbesar di seluruh provinsi dan kota di Indonesia, dengan wilayah tidak terlalu luas dibandingkan provinsi lain. Yang dibutuhkan adalah fokus penggunaan APBD yang tepat sasaran sesuai target kota (global cities index)," jelas Nirwono, saat dihubungi media, Rabu (10/7/2024).

"APBD DKI Jakarta difokuskan dulu pada dua hal, yakni program pengendalian banjir dan penyediaan air bersih, dan program mengatasi kemacetan lalu lintas dan pengurangan polusi udara dalam lima tahun ke depan harus berkurang signifikan," tegas dia.

Sementara itu, Nirwono menyoroti, Rencana Kerja Pemerintah Daerah Khusus Jakarta (RKP DKJ) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025-2029 harus sudah tergambarkan rincian APBD dengan jelas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral