Beda Dengan Indonesia Yang Hanya Jadi Pasar Bagi Starlink, Turki Justru Gandeng Perusahaan Elon Musk Untuk Luncurkan Satelit Buatannya.
Sumber :
  • X@turksat

Beda Dengan Indonesia Yang Hanya Jadi Pasar Bagi Starlink, Turki Justru Gandeng Perusahaan Elon Musk Untuk Luncurkan Satelitnya

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:40 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Langkah berbeda ditempuh oleh Turki dalam menghadapi Elon Musk. Di saat Indonesia hanya menjadi pasar bagi Starlink, pemerintah Turki justru menggandeng induk usaha Starlink, SpaceX untuk meluncurkan satelit miliknya. 

Peluncuran satelit yang seluruhnya dibuat oleh Turki ini dillakukan dari Space Launch Complex 40 (SLC-40) di Cape Canaveral Space Force Station di Florida, Amerika Serikat, Selasa (9/7/2024) dini hari. 

Satelit buatan Turki pertama yang diberi nama Turksat 6A ini disebut akan memperluas jangkauan satelit negara tersebut dan akan mampu melayani kebutuhan penyiaran dunia televisi Turki.  Satelit Turksat 6A ini diangkut ke orbit oleh sebuah roket SpaceX  Falcon 9. 

Dalam sambutannya saat peluncuran satelit Turksat 6A, Presiden Turki Tayyip Erdogan menyebutkan, peluncuran satelit ini merupakan era baru bagi produksi satelit negara tersebut. 

"Kami di Turki memproduksi lebih dari 81 persen mulai dari subsistem, stasiun bumi satelit, dan perangkat lunak dalam proyek 6A ini, dimana hal ini sangat penting dalam masa depan ruang angkasa Turki dengan menggunakan sumber daya nasional," kata Erdogan seperti dikutip dari akun media sosial Turksat. 

Sementara Menteri Transportasi dan Infrastruktur Turki, Abdulkadir Uroglu menyebutkan, bahwa sinyal pertama dari satelit Turksat 6A telah diterima 67 menit setelah peluncuran. Hal ini sesuai dengan target sebelumnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral