Terinspirasi Keberhasilan Dolas Songket, Semen Padang Kembangkan Destinasi Wisata Kampung Songket.
Sumber :
  • Antara Foto

Terinspirasi Keberhasilan Dolas Songket, Semen Padang Turun Tangan Kembangkan Destinasi Wisata Kampung Songket

Minggu, 23 Juni 2024 - 18:54 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anak usaha holding BUMN PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), PT Semen Padang turut serta dalam mengembangkan destinasi wisata Kampung Dolas Songket di Sawahlunto, Sumatra Barat. Kampung ini 

PT Semen Padang telah melakukan seremonial Peletakan Batu Pertama Landscaping (tata ruang) kampung songket yang diberi nama Kampung Dolas Songket. Kampung wisata ini sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dolas Songket melestarikan songket silungkang.

“Pengembangan Kampung Dolas Songket yang dilakukan oleh PT Semen Padang adalah langkah strategis yang sejalan dengan semangat keberlanjutan SIG untuk menjaga eksistensi songket silungkang sebagai warisan budaya bangsa agar tetap lestari dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (23/6/2024).

Dengan pendampingan secara menyeluruh, jelas Cita Mahreyni, akan melahirkan penenun-penenun andal yang mampu membawa songket silungkang ke kancah global dan mengharumkan nama Indonesia,

Pengembangan Kampung Dolas Songket meliputi pembangunan gapura, perbaikan akses jalan, pembangunan fasilitas assembly point (titik kumpul) untuk wisatawan, hingga bantuan mesin tenun.

Vita menyatakan bahwa salah satu fokus SIG dalam menyusun dan menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) adalah mengoptimalkan potensi sumber daya dan kearifan lokal, serta isu strategis pada suatu daerah. Hal itu dilakukan untuk menciptakan nilai dan manfaat secara berkelanjutan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral