Bantah Beri Karpet Merah, Kemenkominfo Mengaku Izin Starlink Justru Sempat Tertahan 3 Tahun dan Wajib Ikuti Aturan di Indonesia.
Sumber :
  • Antara Foto

Bantah Beri Karpet Merah, Kemenkominfo Mengaku Izin Starlink Justru Sempat Tertahan 3 Tahun dan Wajib Ikuti Aturan

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kontroversi kehadiran perusahaan penyedia jasa internet satelit Starlink masih berlanjut. Dituding mendapat karpet merah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)  menegaskan bahwa perusahaan milik Elon Musk itu tetap harus mengikuti regulasi sebelum diberi izin beroperasi di Indonesia. 

Ketua Tim Perizinan Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (DJPPI) Kemenkominfo Falatehan mengatakan proses negosiasi perizinan antara Kemenkominfo dengan penyedia layanan internet satelit milik Elon Musk itu berlangsung selama tiga tahun.

"Dari regulasi kami tidak pernah membedakan izin Starlink dan lain. Kalau kami memberikan karpet merah, itu enggak terbukti karena izin usahanya kami tahan 3 tahun," kata Falatehan di Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Falatehan menjelaskan, awalnya Starlink menyurati Kemenkominfo pada 16 September 2021 dengan maksud ingin menyediakan layanan telekomunikasi satelit di Indonesia. Namun, permintaan ini tidak langsung direspons oleh pemerintah Indonesia. 

Selanjutnya  kemudian pada tahun 2022, Kemenkominfo baru mendorong Starlink untuk menjalin kerja sama dengan penyelenggaraan layanan satelit lokal PT Telkom Satelit Indonesia atau Telkomsat yang terbatas di bidang penyediaan jaringan backbone dan backhaul.

Namun, proses ini berjalan berlarut - larut tanpa ada kesepakatan yang kongkrit antara Starlink dan pemain lokal. Falatehan juga menyebut proses negosiasi perizinan berjalan alot karena awalnya Starlink sempat enggan mendirikan perusahaan di Indonesia.

"Kami ketemu mereka mungkin sudah puluhan kali dari mereka jatuhnya tidak mau mempunyai PT, hanya mau melayani Indonesia saja, dengan segala macam cara akhirnya mereka punya PT, mereka ikut regulasi Indonesia dan sampai mereka terbit izin," jelas Falatehan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral