KM Umsini Yang Terbakar di Makassar Ternyata Sudah Berusia Hampir 40 Tahun, Kapal Tertua Dalam Armada Pelni Yang Dibangun Tahun 1985.
Sumber :
  • Antara Foto

KM Umsini Yang Terbakar di Makassar Ternyata Sudah Berusia Hampir 40 Tahun, Kapal Tertua Dalam Jajaran Armada Pelni

Minggu, 9 Juni 2024 - 21:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kapal Motor (KM) Umsini yang mengalami insiden kebakaran saat bersandar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, ternyata sudah berusia hampir 40 tahun. KM Umsini ini bahkan tercatat sebagai kapal tertua dalam jajaran armada milik PT Pelni

Berdasarkan catatan Pelni, KM Umsini merupakan kapal buatan Jerman yang dibangun sejak tahun 1985. Kapal berusia 39 tahun ini, diklaim mampu mengangkut hampir 2 ribu penumpang. 

Meski sudah berusia lanjut, Kepala Cabang PT Pelni Makassar Andi Besse Jalante mengatakan jika KM Umsini ini belum terlalu tua dan masih layak operasi. Apalagi, kapal ini selalu mendapat perawatan rutin.

"Usia kapal 30-an tahun. Usia segitu tidak terlalu tua juga, tetapi kapal itu (KM Umsini) setiap tahunnya kami lakukan perawatan," kata Andi Besse di Makassar, Minggu (9/6/2024).

Andi Besse mengatakan perawatan yang dilakukan terhadap kapal-kapal Pelni yakni dengan mengadakan docking atau perawatan secara berkala.

Ia menjelaskan docking mempunyai pengertian yaitu sebuah kondisi dimana sebuah kapal berada di atas dok untuk dilakukan perawatan atau perbaikan.

Proses docking atau pengedokan dibantu dengan fasilitas pendukung yang biasa disebut dengan galangan atau shipyard.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral