Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, PLN Akan Membangun SPKLU Hingga di Ternate dan Tidore.
Sumber :
  • Antara Foto

Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, PLN Akan Membangun SPKLU Hingga di Ternate dan Tidore

Minggu, 9 Juni 2024 - 18:54 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Upaya mendorong penggunaan mobil listrik ternyata tidak hanya dilakukan di kota - kota besar di Jawa dan Sumatera. Perusahaan Listrik Negara (PLN) justru akan mulai membangun infrastuktur pendukung mobil listrik hingga di Pulau Ternate dan Tidore

PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (Malut) akan mengembangkan infrastrutur dan membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Ternate, Maluku Utara.

"Hal ini dilakukan lewat rencana pembangunan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di Ternate," kata General Manager UIW MMU, Awat Tuhuloula di Ternate, Minggu (9/6/2024).

Dia mengungkapkan, transisi kendaraan dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Electric Vehicle (EV) merupakan salah satu alternatif dalam mendukung energi hijau untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060.

Untuk itu, melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ternate, PLN probing pembuatan SKPLU di daerah itu. Diketahui Kota Ternate dan Tidore menjadi target pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Maluku Utara.

"Kami harap usulan-usulan yang disampaikan melalui tim kami di UP3 Ternate dapat dipertimbangkan pemerintah setempat, karena hal ini merupakan terobosan atau inovasi PLN dalam mewujudkan percepatan transisi energi," kata Awat.

Sementara Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman menyambut baik rencana pembangunan SPKLU di wilayahnya. Dia bahkan merekomendasikan lokasi pembangun di sekitar Bank BPRS dan di sekitar daerah Pandara Kananga. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral