Waspadai Harga Minyak Bakal Naik Lagi, Negara Eksportir Minyak OPEC+ Sepakati Pengurangan Produksi Diperpanjang.
Sumber :
  • AP Foto

Waspadai Harga Minyak Bakal Naik Lagi, Negara Eksportir Minyak OPEC+ Sepakati Pengurangan Produksi Diperpanjang

Minggu, 2 Juni 2024 - 22:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pertemuan negara - negara pengekspor minyak yang tergabung dalam OPEC bersama negara produsen minyak lainnya,  OPEC+ telah menyepakati perpanjangan pemangkasan produksi minyak. Kesepakatan ini berpotensi mendorong kenaikan harga minyak bumi ke depan. 

Delegasi negara - negara penghasil minyak dalam OPEC+, seperti dikutip Bloomberg, mengungkap kesepakatan ini dalam pertemuan OPEC+ yang digelar Minggu (2/6/2024) di Ritz Hotel, Riyadh, Arab Saudi

Kesepakatan OPEC+ untuk memperpanjang pemangkasan produksi minyak ini, diharapkan bisa menjadi upaya untuk menghindari surplus minyak global, dan mendorong naiknya harga minyak di pasar global. 

Pemangkasan produksi minyak yang bersifat sukarela ini, akan dilakukan beberapa negara, termasuk Arab Saudi dan Rusia, dengan total pengurangan produksi sebesar 2 juta barel per hari. Kesepakatan awal yang semula berakhir bulan Juni 2024 ini, akan diperpanjang hingga ke akhir 2024.

Bahkan, sebelumnya kesepakatan untuk mengurangi produksi ini juga rencananya akan terus dilakukan hingga akhir tahun 2025. 
Namun, Uni Emirat Arab yang banyak menghabikan investasi untuk mendongkrak poduksi minyaknya, telah diberi kuota untuk menambah kapasitas produksinya hingga 300 ribu barel minyak per hari mulai tahun depan. 

Kesepakatan OPEC+ yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir, dan bertujuan untuk menjaga stabilitas harga minyak dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, tekanan terhadap harga minyak dunia datang dari naiknya produksi minyak di Amerika Serikat lewat teknik shale, dan juga lemahnya proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia, terutama Cina. 

Harga Minyak Dunia

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral