Sudah Diuji Coba di Bali, Sistem Bayar Tol Otomatis Tanpa Berhenti (MLFF) Akan Mulai Berlaku Akhir 2024.
Sumber :
  • Antara Foto

Sudah Diuji Coba di Bali, Sistem Bayar Tol Otomatis Tanpa Berhenti (MLFF) Akan Mulai Berlaku Akhir 2024

Rabu, 29 Mei 2024 - 12:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sistem transaksi atau pembayaran tarif tol otomatif tanpa berhenti atau nirhenti nirsentuh akan mulai diberlakukan akhir 2024. Sistem otomatis dalam Multi Lane Free Flow (MLFF) ini sebelumnya telah diuji coba sebelumnya di ruas tol Bali Mandara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengatakan penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh nirhenti atau MLFF ini akan dilakukan secara bertahap di jalan tol Indonesia mulai akhir tahun 2024 ini.

"Dari hasil uji coba pada Desember 2023 di ruas tol Bali Mandara masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi, termasuk teknis dan manajerial. Saat ini sudah ada solusi dari sisi manajerialnya," kata Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (24/5/2024).

Untuk tahap awal, nantinya penggunaan sistem otomatif MLFF akan diterapkan bersamaan dengan sistem kartu yang ada selama ini. ". Saya optimis MLFF akan diimplementasikan secara bertahap dengan masih single lane atau hibrid masih dengan kartu (e-toll)," jelas Basuki. 

Sementara itu, President Director of Roatex Indonesia Toll System Attila Keszeg selaku Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis MLFF mengungkapkan, pihaknya terus bekerja sama dengan PUPR secara intensif untuk memulai penerapan tahapan MLFF pada akhir tahun 2024.

"Proyek ini merupakan transformasi teknologi di jalan tol khususnya dalam transaksi pembayaran. Kami terus bekerja sama dengan PUPR secara intensif untuk memulai penerapan tahapan MLFF di akhir tahun 2024,” kata Attila.

Bertahap

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral