Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di WWF ke-10.
Sumber :
  • Antara

Menteri PUPR Serukan Kesetaraan Air untuk Pulau-Pulau Terpencil di WWF ke-10, Basuki: Tantangan Diperburuk Kurangnya Sumber Daya Keuangan

Kamis, 23 Mei 2024 - 19:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - World Water Forum Ke-10 2024 di Bali menjadi mimbar untuk Indonesia menyerukan kesetaraan akses terhadap air bersih di pulau-pulau kecil.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, sebagian besar negara kepulauan kecil memiliki permasalahan yang hampir sama.

Beberapa misalnya seperti masalah keterbatasan keterpencilan, sumber daya, urbanisasi, pertanian, kerentanan terhadap bencana alam karena pusat ekonomi yang umumnya dekat garis pantai, dan lingkungan alam yang rentan.

“Di negara-negara kepulauan kecil yang sedang berkembang, tantangan-tantangan ini semakin diperburuk oleh kurangnya sumber daya keuangan dan kapasitas teknis, sehingga mengganggu implementasi rencana ketahanan iklim,” kata Basuki pada Kamis (23/5/2024).

Basuki menjelaskan, berbagai permasalahan terkait air di pulau-pulau terpencil patut menjadi perhatian.

Oleh sebab itu, penting untuk pemahaman berbasis pengetahuan mengenai dampak perubahan iklim terhadap negara-negara kepulauan kecil, pulau-pulau kecil, dan negara bagian.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral