Incar Pasar Timur Tengah, Kemenperin Lepas Ekspor Tekstil ke Dubai Senilai 350 Ribu Dolar AS.
Sumber :
  • Antara Foto

Incar Pasar Timur Tengah, Kemenperin Lepas Ekspor Tekstil ke Dubai Senilai 350 Ribu Dolar AS

Selasa, 21 Mei 2024 - 12:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Untuk mengincar kawasan Timur Tengah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah melepas ekspor produk kain tekstil ke Dubai, Uni Emirat Arab. Produk tekstil ini merupakan hasil produksi PT Mahugi Jaya Sejahtera  senilai 350 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,6 miliar. 

Pelepasan ekspor ke Timur Tenggah ini dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kemenperin Taufiek Bawazier di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (21/5/2024).

"Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh PT Mahugi Jaya Sejahtera yang menggarap pasar Dubai, dan sebagian negara Timur Tengah yang ditandai dengan pelepasan ekspor tiga kontainer kain senilai 350 ribu dolar AS," kata Taufiek Bawazier.

Dia menjelaskan, ekspor tersebut merupakan bagian dari komitmen penjualan tahunan PT Mahugi Jaya Sejahtera yang mencapai 5 juta meter kain ke Uni Emirat Arab. 

Menurut Taufiek Bawazier, langkah ekspor ini sekaligus membuka pasar nontradisional produk tekstil Indonesia ke negara di wilayah Timur Tengah. Pasar garmen dan tekstil di kawasan Timur Tengah diperkirakan terus tumbuh signifikan sampai dengan 5 tahun ke depan. 

Saat ini, alokasi ekspor tekstil dan pakaian Indonesia ke wilayah Timur hanya 5,4 persen dari total ekspor tekstil dan produk tekstil (TPT) atau senilai 753 juta dolar AS, dan baru menguasai pangsa pasar hanya 1,5 persen.
 
Angka ini jauh di bawah Tiongkok dan India yang masing-masing pangsa pasarnya sebesar 38,3 persen dan 21,4 persen. Oleh karena itu menurutnya, ekspor yang dilakukan oleh salah satu perusahaan di Jawa Barat tersebut bisa menjadi pionir untuk peningkatan ekspor produk tekstil dalam negeri.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian menyatakan industri tekstil dan pakaian jadi, tumbuh ekspansif secara tahunan (yoy) pada triwulan pertama 2024 dengan nilai masing-masing 5,90 persen dan 2,64 persen, karena tingginya permintaan ekspor.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral