Desain permukiman di IKN.
Sumber :
  • OIKN

IKN akan Mengusung Konsep Kota Spons sebagai Solusi Berbasis Alam, Karena Rawan Banjir, Longsor, dan Kebakaran Hutan?

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dikonsep sebagai Kota Spons untuk menjaga dan mengembalikan siklus alami air sebagai Solusi Berbasis Alam.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN (OIKN) Myrna Safitri mengatakan, Solusi Berbasis Alam sangat cocok diterapkan di IKN.

Mengingat, hal itu selaras dengan IKN visi menjadi kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan, seperti yang tertuang dalam Master Plan Nusantara 2022.

Selayaknya spons, IKN akan didesain agar efektif menyerap dan menjaga siklus ketersediaan alami air seperti halnya fungsi hutan.

"Penerapan konsep ini akan memberikan manfaat pemanenan air untuk tambahan ketersediaan air dan pengurangan bahaya banjir, manfaat pemurnian air dan pelestarian ekologi, efisien sistem sumber daya air, serta manfaat ekonomi, sosial dan kultural bagi masyarakat,” ujar Myrna dikutip pada Jumat (17/5/2024).

Konsep ini juga terintegrasi dengan Biru-Hijau Air (biru) dan alam (hijau) yang merupakan bagian integral dari pembangunan IKN.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral