Meski Israel Banyak Didemo di Amerika Serikat, Presiden Joe Biden Diam-Diam Justru Akan Kucurkan Bantuan Senjata Lebih Dari 1 Miliar Dolar.
Sumber :
  • AP Foto

Meski Israel Banyak Didemo di Amerika Serikat, Presiden Joe Biden Diam-Diam Justru Akan Kucurkan Bantuan Senjata Lebih Dari 1 Miliar Dolar

Rabu, 15 Mei 2024 - 12:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Di tengah memanasnya konflik di Timur Tengah, Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden justru berencana untuk menambah bantuan militer senilai 1 miliar dolar AS kepada Israel. Rencana pemberian bantuan senjata ini telah diungkapkan kepada sejumlah politisi kunci di negara tersebut. 

Seperti dikutip AP, tiga pejabat Kongres yang berbeda telah mengungkapkan rencana Presiden Joe Biden tersebut. Meski sudah menyebut nilai 1 miliar dolar AS, atau sekitar Rp16 triliun, waktu pengiriman bantuan militer tersebut belum bisa dipastikan. 

Paket bantuan militer terbaru ke Israel ini nantinya akan meliputi amunisi untuk tank senilai 700 juta dolar AS, dan 500 juta dolar AS dalam bentuk kendaraan taktis militer, serta 60 juta dolar AS dalam bentuk peluru mortar. 

Paket bantuan terbaru ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya Amerika Serikat memberikan bantuan paket militer kepada sekutunya Israel. Paket sebelumnya, yang terdiri dari pemberian 3.500 bom yang masing - masing beratnya mencapai 2 ribu pound ditunda bulan ini. 

Paket bantuan terakhir sebelumnya ditunda mengingat banyaknya korban sipil akibat serangan Israel di Gaza. Penghentian ini diharapkan agar bantuan tidak dimanfaatkan Israel untuk melakukan serangannya ke Rafah di bagian selatan Gaza. 

Tiga pejabat kongres yang tidak mau disebut namanya ini belum merinci waktu pemberian bantuan oleh Amerika Serikat. 

Sebelumnya pemerintahan Joe Biden telah didemo dan mendapat kritikan tajam, atas bantuannya kepada Israel yang dalam tujuh bulan terakhir tengah berperang dengan Palestina di Gaza. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral