Ilustrasi kebun kelapa sawit.
Sumber :
  • Istimewa

Kalbar Punya Potensi EBT 300 MW dari Limbah Cair Kelapa Sawit, Padahal Bisa Setara Listrik Ratusan Ribu Pelanggan Tapi Belum Dimanfaatkan

Jumat, 10 Mei 2024 - 18:53 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Limbah cair kelapa sawit di Kalimantan Barat ternyata memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai energi baru terbarukan (EBT) yang melimpah.

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Barat (Kalbar) menyebutkan potensi EBT dari limbah cair sawit di Kalbar mencapai 300 MW. Hal itu menjadi berkah lain dari besarnya lahan kelapa sawit yang ada di Kalimantan Barat.

"Kalbar memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 2,2 juta hektare dan memiliki potensi untuk menjadi sumber EBT terutama dari limbah cairnya," kata General Manager PLN UID Kalbar Joice Lanny Wantania, Jumat (10/5/2024).

"Dengan luas yang ada potensi limbah cairnya untuk jadi biogas dapat menghasilkan tenaga listrik mencapai lebih dari 300 MW," imbuhnya.

Namun demikian, pemanfaatan sumber EBT dari limbah cair untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bio (PLTBio) di Kalimantan dan khususnya Kalbar masih sangat minim.

Limbah cair pabrik kelapa sawit (LCPKS) atau yang lebih sering disingkat menjadi POME (Palm Oil Mill Effluent) merupakan bahan baku yang dapat dikonversikan menjadi biogas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral