Presiden Jokowi meresmikan modeling kawasan tambak budidaya ikan nila salin di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2025).
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Potensi Nila Salin di Pesisir Pantura Jawa Bisa Capai Rp230 Triliun Setahun, Jokowi akan Bisiki Pemerintahan Prabowo-Gibran Begini

Rabu, 8 Mei 2024 - 09:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan modeling kawasan tambak budidaya ikan nila salin di Balai Layanan Usaha Produksi dan Budidaya di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi membeberkan betapa besarnya lahan di pesisir pantai utara (pantura) Jawa yang sangat potensial untuk mengembangkan budidaya nila salin.

Sebagai informasi, nila salin adalah ikan nila yang dibudidayakan di perairan payau. Ikan nilai yang memiliki sifat euryhaline atau bisa mentoleransi perubahan salinitas sangat cocok untuk dijadikan komoditas unggul di pesisir utara Jawa.

Pasalnya, terdapat puluhan ribu hektar tambak air payau bekas kolam udang yang menganggur atau idle.

"Ada 78 ribu hektare dari Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur. 78 ribu tambak yang idle (kosong/tanpa kegiatan)," kata Jokowi di Karawang.

Karena tambak-tambak terlantar itu sudah tidak produktif lagi untuk budidaya udang atau jenis ikan lain, maka nila salin menjadi harapan baru.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
11:02
22:51
06:02
01:24
05:26
Viral