Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu China Qin Gang.
Sumber :
  • Tim tvOne/Gani

Menlu China Qin Gang Temui Jokowi, Bahas Investasi hingga Konektivitas

Rabu, 22 Februari 2023 - 16:00 WIB

Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, menerima kunjungan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang ke kantornya pada Rabu (22/2/2023). 

Retno mengatakan sebelum konferensi pers Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) dimulai, dia menemani Qin Gang bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

“Bapak presiden telah menyampaikan pandangan bagaimana kedua negara dapat terus memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan, terutama di bidang ekonomi dan upaya menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Retno.

Bersama dengan Menlu Qin Gang, Retno memimpin berjalannya JCBC ke-4 antara Indonesia dengan China. Ada empat isu yang ditekankan oleh Indonesia lewat pertemuan ini.

“Pertama, pentingnya penguatan kerja sama perdagangan. Secara khusus saya sampaikan permintaan agar berbagai hambatan dagang dapat diatasi,” jelasnya.

Kedua, penguatan kerja sama investasi. Tahun lalu China sendiri menjadi investor ke-2 terbesar di Indonesia, bahkan di kuartal terakhir tahun 2022 China sempat menduduki posisi pertama.

“Isu terkait, pemanfaatan tenaga kerja Indonesia, perlindungan lingkungan dan penguatan investasi hijau yang berkualitas saya sampaikan dalam pertemuan. Indonesia akan terus perbaiki iklim investasi dengan mempertimbangkan kepentingan rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral