Warga blokir akses jalan menuju Pantai Widodaren, Gunungkidul, Rabu (18/1/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Konflik dengan Kalurahan, Warga di Gunungkidul Tutup Akses Masuk Pantai Widodaren

Rabu, 18 Januari 2023 - 23:02 WIB

Gunungkidul, DIY - Kecewa dengan kebijakan pemerintah Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, puluhan warga setempat melakukan aksi blokir jalan, dengan menutup akses jalan menuju Pantai Widodaren

Penutupan dilakukan dengan menumpuk belasan kubik batu putih di jalan menuju ke pantai yang masih alami tersebut. Akibatnya, semua kendaraan tidak bisa melintas dan wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer untuk sampai di pantai. 

Menurut Mursalim, salah seorang warga setempat, warga sengaja menutup akses masuk ke Pantai Widodaren sebagai bentuk kekecewaan mereka pada kebijakan pemerintah Kalurahan Kanigoro, Gunungkidul.

"Kebijakan pemerintah kalurahan di sini sangat mengecewakan warga, terlebih sejak kehadiran investor," kata Mursalim, Rabu (18/1/2023). 

Tak hanya itu, ungkap Mursalim, sudah cukup banyak kebijakan pemerintah Kalurahan yang mengecewakan. Konflik memuncak setelah investor masuk ke kawasan tersebut, dan keberadaan warga semakin terpinggirkan.

Persoalan bermula dari ruko yang dibangun pemerintah setempat ukurannya terlalu kecil, sehingga tidak sesuai dengan jumlah pedagang yang sebelumnya ada di sana.

"Kami dilarang berjualan di tempat kami jualan dulu. Pemerintah kalurahan sudah membangunkan kios, namun luasannya terlalu kecil. Jumlah pedagang ada 71 tetapi rukonya hanya 35 buah. Terus sisanya bagaimana," ungkapnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral