Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono usai menghadiri acara peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2024 di GIK UGM, Sabtu (12/10/2024).
Sumber :
  • tim tvOne- Sri Cahyani Putri

Menteri PUPR Ungkap Pembangunan Dua Infrastruktur Ini Berlanjut di Pemerintahan Mendatang

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 23:16 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Perkembangan proyek pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo menunjukkan kemajuan. Karena itu, proyek yang saat ini masih dalam pembangunan akan diteruskan di masa pemerintahan mendatang. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebutkan, dua proyek yang masih dalam tahap pembangunan tetap akan diteruskan di pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto yaitu infrastruktur jalan dan bendungan.

Disebutkannya, ada 61 bendungan yang masuk dalam proyek strategis pemerintah. Dari jumlah tersebut, 53 bendungan di antaranya sudah diresmikan.

"Sisanya tahun ini dan tahun depan sudah bisa diselesaikan semua. Meski jumlahnya banyak, 61, kita masih perlu banyak lagi. Orang kalau mau hidup baik harus kecukupan air," katanya usai menghadiri acara peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2024 di GIK UGM, Sabtu (12/10/2024).

Menurut Basuki, proyek pembangunan bendungan akan menjaga ketahanan air yang akhirnya berdampak pada keberlangsungan pangan dan energi. 

Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan juga menunjang konektivitas. Maka dari itu, proyek jalan tol Trans-Sumatera diharapkan bisa selesai dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Begitu pula dengan jalan tol Trans-Jawa harus diselesaikan termasuk di Sulawesi dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Konektivitas ini bukan hanya jalan tol. Jadi, sekarang dari 6 ribu km jalan nasional sudah kita bangun," ucapnya. (scp/ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
Viral