Sejumlah petugas melakukan pemeriksaan bus pariwisata di kawasan parkir Senopati, Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Dishub Kota Jogja Temukan Bus Mati KIR dan Habis Izin Operasional di Parkiran Senopati

Jumat, 12 Juli 2024 - 11:31 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja melakukan pemeriksaan terhadap puluhan bus pariwisata di kawasan parkir Senopati.

Hasilnya, ada sejumlah bus yang habis masa uji KIR dan izin operasional angkutan pariwisatanya.

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dishub Kota Jogja Hary Purwanto mengatakan, total ada 24 bus yang diperiksa dalam kegiatan tersebut. Dari puluhan kendaraan itu pihaknya menemukan tujuh bus yang terpaksa diberikan bukti pelanggaran (tilang).

“Kesalahanya berupa tiga bus mati uji KIR-nya, serta ada empat bus yang mati izin operasionalnya,” ujar Hary, Jumat (12/7/2014).

Adapun kegiatan pemeriksaan bus pariwisata di kawasan parkir Senopati itu dilakukan oleh petugas gabungan. Petugas yang terdiri dari personel Dishub Kota Jogja dan TNI/Polri nampak melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat-surat, administrasi seperti uji KIR dan operasional, fisik kendaraan, hingga kesehatan pengemudi. Petugaspun nampak melakukan pengecekan terhadap fungsi lampu sein, klakson, hingga wiper.

Kepala Dishub Kota Jogja Agus Arif Nugroho menyampaikan, bahwa kegiatan itu merupakan upaya untuk memastikan keamanan armada pariwisata yang masuk ke Kota Jogja. Sekaligus untuk mengingatkan pemilik angkutan pariwisata agar tertib melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan.

Selain di kawasan parkir Senopati, Arif menyebut, pihaknya juga telah dilakukan pemeriksaan bus pariwisata di titik-titik lain selama musim liburan sekolah tahun ini. Di antaranya kawasan pasar hewan Pasthy, lalu Gedongkuning, serta Jalan HOS Cokroaminoto.

Menurut dia, mayoritas bus yang masuk ke Kota Jogja dalam kondisi layak jalan dan beroperasi sesuai peraturan yang berlaku. Walaupun demikian, diakuinya tetap masih ada yang melakukan pelanggaran.

Arif membeberkan, selama musim libur sekolah ini dalam sehari setidaknya ada 400 sampai 500 bus pariwisata yang masuk ke Kota Jogja. Jumlah itu meningkat 30 persen dibandingkan hari-hari normal.

Mayoritas bus pariwisata yang menuju Kota Jogja diketahui berasal dari wilayah Jawa bagian timur. Sementara untuk kendaraan pribadi, peningkatannya bisa mencapai 80 persen dengan asal kendaraan yang bervariatif.

“Rata-rata memang layak jalan, namun kalau ada temuan, pengemudi akan kami edukasi agar selalu memperhatikan kelayakan kendaraannya,” kata Arif.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Yogyakarta Iptu Jayeng Hadi Harjasa mengungkap, bahwa mayoritas pelanggaran yang dilakukan oleh armada wisata berupa parkir yang tidak pada tempatnya. Menurut dia, hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri karena minimnya lahan parkir di Kota Jogja.

“Pelanggaran yang kami temukan mayoritas parkir,memang kami terkendala jumlah (kawasan) parkir yang terbatas, sehingga tidak tertampung,” beber Jayeng. (nur/dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral