Pelayat Hadiri Upacara Pemakaman Maestro Kuliner Yogyakarta, Jadah Tempe Mbah Carik, Rabu (12/1/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Kabar Duka, Mbah Carik Legenda Kuliner Jadah Tempe Yogyakarta Tutup Usia

Rabu, 12 Januari 2022 - 14:14 WIB

Sleman, DIY - Kabar duka datang dari dunia kuliner Yogyakarta. Mbah Carik, sang maestro kuliner Jadah Tempe yang melegenda di lereng Gunung Merapi, meninggal dunia dalam usia 92 tahun.

Wanita bernama asli Sudimah Wiro Sartono ini tutup usia pada Selasa (11/1/2022) petang kemarin karena sakit tua. Sebelum dimakamkan, jenazah Mbah Carik sempat disemayamkan di rumah duka kawasan wisata Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Pantauan di rumah duka, ratusan pelayat nampak hadir memberikan penghormatan yang terakhir untuk almarhumah. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan kerabat Keraton Yogyakarta GBPH Yudhaningrat juga datang melayat.

"Ibu sudah satu setengah tahun ini memang sakit, sakit tua ya," kata anak ketiga Mbah Carik, Bejo Wiryanto ditemui di rumah duka, Rabu (12/1/2022).

Dijelaskan Bejo, almarhumah Mbah Carik tidak memiliki riwayat penyakit apapun semasa hidupnya. Pola makan yang terjaga disebut menjadi faktor Mbah Carik tidak berpenyakit hingga usia 92 tahun.

"Gak ada (penyakit), ibu itu ya cuma sepuh saja, makan juga normal, ibu itu sudah bertahun-tahun dhahare (makannya) itu cuma dengan nasi putih, bubur, sayur yang tidak pakai santan, sama tahu rebus tempe rebus itu aja, yang membuat ibu panjang umur itu sebetulnya," ungkapnya.

Sebelum meninggal, lanjut Bejo, Mbah Carik berpesan kepada anak cucunya untuk menjaga usaha kuliner Jadah Tempe ini sampai kapanpun. Merek Jadah Tempe Mbah Carik juga tidak boleh dikerjasamakan dengan orang lain di luar keluarga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral