Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi saat di Balai Senat UGM, Senin (3/6/2025)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Retno Marsudi Sebut Bila PBB Butuhkan, Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian ke Palestina

Senin, 3 Juni 2024 - 21:59 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Pemerintahan Indonesia mendatang disebut tengah mempersiapkan pasukan perdamaian ke Gaza jika dibutuhkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sekaligus membawa ribuan orang Palestina yang terluka ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dalam public lecture bertajuk Diplomasi Indonesia untuk Palestina di Balai Senat Universitas Gadjah Mada, Senin (3/6/2025).

Retno menyebut, pemerintah Indonesia mendatang di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto konsisten membela Palestina karena termasuk amanah konstitusi. Ia mengira tidak ada satu pemerintahan pun yang akan berani menyimpang dari konstitusi. 

"Itu amanah yang harus dijalankan oleh semua," ucap Retno.

Disampakannya, Indonesia adalah satu dari kontributor terbesar pasukan perdamaian di bawah PBB. Terutama selama 10 tahun terakhir ini, Indonesia berhasil meningkatkan jumlah penjaga perdamaian perempuan. Di lapangan, keperluan hadirnya penjaga perdamaian perempuan ternyata banyak sekali. 

"Yang dimaksud oleh pak Prabowo adalah apabila PBB memutuskan untuk mengirim pasukan perdamaiannya maka Indonesia siap untuk mengirim pasukan. Sama dengan ketika PBB memutuskan untuk mengirimkan pasukan perdamaian misalnya di Sudan Selatan, Lebanon dan lainnya," kata Retno. 

Langkah ini, menurut Retno, bukan hal yang pertama kali dilakukan. Akan tetapi, sudah dilakukan di beberapa tempat dengan mengirim pasukan perdamaian dan sejalan dengan institusi Indonesia untuk ikut menjaga perdamaian. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral