Peringatan Hari Susu Nusantara dan Sedunia di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.
Sumber :
  • tim tvOne - Andri Prasetiyo

Hari Susu Sedunia, Ratusan Anak di Yogyakarta Ikuti Minum Susu Bersama

Sabtu, 1 Juni 2024 - 17:39 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Ratusan anak di Yogyakarta mengikuti acara minum susu bersama di Fakultas Peternakan UGM. Kegiatan ini digelar dalam rangka memeringati Hari Susu Nusantara dan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan bahwa secara kualitas dan kuantitas, produksi susu Indonesia saat ini masih kurang. Selain itu, tingkat konsumsi susu masyarakat juga masih rendah jika dibandingkan negara-negara tetangga.

Ia memberikan gambaran kebutuhan susu di Indonesia saat ini mencapai 4,3 juta ton per tahun. Sementara itu, produk susu nasional belum sampai 1 juta ton per tahunnya.

Dengan demikian, kontribusi susu nasional terhadap kebutuhan baru sekitar 20% sehingga untuk mencukupinya dibutuhkan impor sekitar 80%. 

“Ini merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi berbagai stakeholder untuk berkolaborasi menanggulangi masalah ini,” kata Nasrullah, Sabtu (1/6/2024).

Menurutnya, saat ini, merupakan momentum tepat bagi seluruh stakeholder untuk mencari solusi peningkatan  konsumsi susu masyarakat. Terlebih, minum susu juga menjadi salah satu program presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Susu adalah sumber protein dan gizi yang akan sangat menentukan kualitas serta kecerdasan masyarakat,” terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:59
05:24
02:29
01:42
01:43
08:03
Viral