Batalyon Korps Siswa PAPK TNI Suskages 2023 saat berikan layanan kesehatan, Jumat (20/10/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Empat Hari Jalan Kaki, Ratusan Calon Perwira TNI Napak Tilas Rute Panglima Sudirman

Jumat, 20 Oktober 2023 - 16:40 WIB

Gunungkidul, tvOnenews.com -  Ratusan Siswa Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (Sepa PK TNI) Susgakes 2023, mengikuti kegiatan Napak Tilas Rute Panglima Sudirman (RPS).

Napak tilas ini berlangsung selama 4 hari, para siswa calon perwira tersebut berjalan kaki sejauh 60 kilometer sambil mengusung tandu, menyusuri jalan yang pernah dilalui Jenderal Sudirman dan pasukannya, saat melakukan perang gerilya. 

Rute yang ditempuh dimulai dari Dusun Grogol menuju Karangtengah, kemudian berlanjut ke Kalurahan Karangduwet menuju Kalurahan Karangrejek, dan berakhir di Telaga Jonge, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Gunungkidul. 

"Di lokasi terakhir ini, kami menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat, sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat, yang sekaligus sebagai puncak kegiatan Napak Tilas RPS," kata Komandan Batalyon Korps Siswa PAPK TNI Suskages 2023, drg. Dino Febriansyah Sitorus, Jumat, (20/10/2023). 

"Karena latar belakang kami adalah dokter dan tenaga kesehatan, di sini kami aplikasikan profesi kami untuk mengabdi kepada masyarakat. Ada 62 dokter yang terlibat," imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, lanjut Dino, masyarakat mendapatkan penyuluhan umum terkait hipertensi dan diabetes melitus tipe 2, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pengobatan umum, pembagian sembako, termasuk karya bakti di rumah ibadah masjid dan gereja. 

"Bagi warga yang memiliki riwayat penyakit sistemik diberikan konsultasi dan pemeriksaan kadar gula darah, kolestrol dan asam urat, berikut pemberian obat," ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral