Wisatawan sedang menikmati masakan khas Aceh di Expo Culinary Festival 2022 Aceh Tengah.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Chaidir Azhar

Tingkatkan Minat Wisatawan, Pemkab Aceh Tengah Gelar Expo Culinary Festival 2022

Sabtu, 8 Oktober 2022 - 15:19 WIB

Aceh Tengah, Aceh - Untuk meningkatkan wisatawan yang berkunjung, pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar Expo Culinari Festival 2022 yang berlangsung di lapangan kantor Bupati setempat dan mendapat apresiasi yang meriah dari kalangan masyarakat di kota dingin Aceh Tengah.

Zulkarnain, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pelaku usaha dalam bidang makanan dan minuman khas Gayo. "Kegitan ini sengaja kita gelar untuk membuat para pelaku usaha bidang makanan kembali bergairah, sehingga mampu menjadikan Aceh Tengah menjadi pusat wisata kuliner di Aceh," kata Zulkarnain, Sabtu (8/10/2022).
Kegiatan Expo Culinary Festival ini akan berlangsung hingga 9 Oktober 2022 mendatang. Menurut Zulkarnain, hal yang menarik dari Expo Culinary Festival ini adalah, pengunjung bisa mencicipi masakan khas kuliner dataran tinggi tanah Gayo, mulai dari olahan ikan endemik (Depik Gayo) khas dari Danau Laut Tawar, masakan khas Gayo Takengon, yaitu asam jing (asam pedas), pengat dan masakan lainnya dari daerah Takengon.

"Semua pengunjung dan wisatawan yang hadir bisa mencicipi makanan dan minuman yang diracik oleh peserta expo, sehingga diharapkan menjadi ajang pekenalan kuliner daerah pada wisatawan luar," sebutnya.

Tak hanya menyajikan masakan khas, pengunjung juga bisa menjajal minuman kopi arabika Gayo. Selain itu, festival yang dihelat selama 3 hari ini, juga menyediakan hadiah total Rp10 juta utuk para pemenang Culinary Festival. "Nantinya para pemenang festival akan mendapatkan hadiah uang tunai," ucapnya.

Lanjut Zurkainain, para peserta yang ikut dalam festival tersebut merupakan para pelaku usaha kecil dan menengah. "Kita bisa lihat peserta yang ikut ini ada dari pengusaha warung, cafe, UMKM yang ada di Kabupaten Aceh Tengah," ujarnya.

Sementara itu, menurut Ayu, salah satu peserta lomba kuliner mengaku bangga karena diberi kesempatan untuk mengenalkan masakan khas dari Gayo. "Kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja akan tetapi kegiatan ini akan ada dan menjadi kegiatan rutin di setiap tahu dan peserta bisa semakin banyak dari hari ini," tutup Ayu. (kha/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
13:58
04:50
00:51
13:49
02:14
Viral