Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.
Sumber :
  • Pujiansyah

Operasi Mengantuk di Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi, 100 Pengendara Didapati Mengantuk

Minggu, 20 Maret 2022 - 15:01 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Pengelola Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, bersama Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Lampung menggelar melakukan operasi mengantuk atau microsleep. Operasi Microsleep dilakukan untuk menekan angka lakalantas yang disebabkan oleh menurunnya kesadaran pengemudi akibat kelelahan atau mengantuk.

Branch Manager Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar PT Hutama Karya (Persero), Hanung Hanindito mengatakan, pelaksanaan kegiatan operasi Microsleep itu untuk menekan angka lakalantas yang disebabkan oleh menurunnya kesadaran pengemudi akibat kelelahan.

"Operasi Microsleep ini telah kami laksanakan dari tanggal 14 Maret hingga tanggal 19 Maret 2022. Dalam operasi ini petugas menjaring sebanyak 500 kendaraan untuk masuk dan beristirahat di Rest Area kami," kata Hanung.

Hanung menambahkan pelaksanaan kegiatan Operasi Microsleep berlokasi di Rest Area 116B dan Rest Area 87B, mulai pukul 00:00 WIB sampai dengan pukul 03:00 WIB. Dari 500 kendaraan yang terjaring dalam operasi microsleep ini, sebanyak 100 kendaraan terbukti dalam keadaan lelah dan mengantuk. "Para pengendara yang mengantuk langsung disarankan untuk beristirahat di rest area," jelas Hanung.

Operasi ini, lanjut Hanung, akan tetap dilakukan secara berkala, untuk terus menekan angka fatalitas akibat lakalantas, dan juga persiapan personil dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran 1 Syawal 1443 H yang akan datang. 

Hanung menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara di kecepatan maksimal 100 km/jam, memeriksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan berkendara dalam kondisi prima dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk. (Pujiansyah/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral