Batu megaliit di Rimba Candi Kecamatan Dempo Tengah Pagaralam Sumatera Selatan..
Sumber :
  • Kiki

Situ Sejarah di Pagaralam, Rimba Candi Disiapkan Sebagai Kota Percontohan Peninggalan Pusat Kerajaan Sriwijaya

Senin, 12 Agustus 2024 - 13:39 WIB

Pagaralam, tvOnenews.com - Rimba Candi Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam, yang berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pagaralam, berada di kaki Gunung Dempo memiliki misteri yang hingga kini belum terungkap dan akan disiapkan menjadi kota termegah di Nusantara.

Hal itu diungkapkan salah satu tokoh yang tinggal di Rimba Candi, Fauka Noor Farid, Direktur Executif Intitut Kajian Pertahanan dan Intelijen Indonesia (IKPII), Minggu (11/8/2024).

Ia mengatakan, melihat kondisi alam Rimba Candi banyak peninggalan sejarah, baik sejarah tokoh-tokoh penting pendiri Besemah atau Pagaralam, seperti Puyang Serunting Sakti, termasuk sejarah kerajaan Nusantara khususnya Sriwijaya.

"Saya ingin membimbing masyarakat Rimba Candi untuk menyiapkan daerah ini menjadi pusat kota sejarah percontohan di Nusantara," kata dia.

Dijelaskannya, Rimba Candi ini akan disiapkan untuk jadi kota yang memiliki daya tarik bagi semua orang dari berbagai agama.

“Silahkan buktikan sendiri tanda-tanda Rimba Candi memiliki peninggalan sejarah yang luar biasa seperti ada kolam pemandian putri, air terjun kembar tempat pertapaan Kemantan Sakti anak Serunting Sakti dan kolam pemandian bidadari," ujar dia.

Dia mengatakan, untuk saat ini perlu melibatkan semua lapisan masyarakat untuk membangun daerah Rimba Candi menjadi pusat sejarah, dan tempat yang memiliki daya tarik di Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral