Kebakaran di Perbukitan Samosir..
Sumber :
  • Daud

Sempat Padam, Kawasan Hutan dan Perbukitan Samosir Kembali Terbakar

Rabu, 24 Juli 2024 - 16:48 WIB

Samosir, tvOnenews.com - Peristiwa kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, kembali terjadi diduga sejak hari Minggu sore kemarin, hingga Selasa sore (23/7/2024).

Kawasan yang terbakar sebagian besar berada di perbukitan hutan lindung di enam desa di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Samosir. Keenam desa yang terpantau terjadinya kebakaran berada di Desa Huta Gurgur, Desa Ginolat, dan Desa Hasinggahan di Kecamatan Sianjur Mula Mula. Berikutnya kebakaran juga terjadi di wilayah Desa Tamba di Siparmahan Kecamatan Sitio –Tio, dan Desa Turpuk Limbong dan Desa Boho di Kecamatan Harian.

Lokasi kebakaran berada di sekitar kawasan perbukitan dan hutan menyebar di wilayah Kecamatan Harian, Kecamatan Sianjur Mula Mula hingga di Kecamatan Sitio Tio, dan diperkirakan telah menghanguskan 98 hektare kawasan hutan dan perbukitan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Sarimpol Simanihuruk menyebutkan, terdapat enam desa di tiga kecamatan yang hingga hari ini terdampak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Ada enam desa yang terdampak terjadinya peristiwa kebakaran yang kembali terjadi setelah sebelumnya sempat padam. Akibat kebakaran yang kembali terjadi ini, telah menghanguskan sedikitnya 98 hektare lokasi hutan dan lahan di perbukitan Danau Toba,” sebut Sarimpol Simanihuruk.

Disebutkannya, kobaran api yang cukup besar di lokasi perbukitan yang terjal, membuat petugas gabungan cukup kesulitan guna memadamkan api, dan hingga saat ini menurut Sarimpol petugas dari tim gabungan TNI – POLRI, Manggala Agni, KPH III Humbahas, petugas Damkar, BPBD Kabupaten Samosir dan warga masih terus berjibaku siang dan malam guna memadamkan api.

“Upaya pemadaman masih terus kita lakukan bersama dengan tim gabungan dibantu oleh warga, kondisi medan yang sulit menjadi penyebab utama upaya pemadaman api,” tambah Sarimpol.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral