Puluhan warga gelar aksi tolak aktivitas kapal pengeruk emas asal Tiongkok di sungai Kabupaten Aceh Barat..
Sumber :
  • Tim tvOne/Chaidir Azhar

Puluhan Warga Tolak Aktivitas Pengerukan Emas oleh Kapal Tiongkok di Aceh Barat

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:01 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Puluhan warga di Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, menolak aktivitas pengerukan emas di aliran sungai di wilayah setempat. Hasansar, salah satu warga mengatakan, warga resah dengan aktivitas kapal pengeruk emas, yang para pekerjanya adalah Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok.

"Kapal pengeruk emas tersebut diawaki oleh belasan warga asing dari Tiongkok, kami sudah berupaya untuk bicara dengan mereka namun mereka tidak paham dan kami juga tidak paham karena mereka tidak bisa berbahasa Indonesia," kata Hasarnsar, Sabtu, (22/6/2024).

Menurut Hasansar, selain izin untuk menambang tidak dimiliki oleh belasan warga Tiongkok, juga para pekerja asing tersebut tidak menghormati kearifan lokal, seperti tidak menghargai waktu adzan berkumandang.

"Kita sudah cek mereka tidak memiliki izin untuk menambang, dan mereka juga tidak menghargai kearifan lokal, seperti saat adzan untuk shalat dikumandangkan mereka tetap bekerja dengan menghidupkan mesin kapal mereka sehingga mengganggu warga karena suara mesin kapal sangat bising," sebut Hasansar.

Lanjut Hasansar, warga setempat juga mengaku heran, kapal pengeruk emas yang diawaki oleh belasan warga asing bisa bekerja tanpa izin dan dokumen lengkap, tanpa ada tindakan tegas dari pihak penegak hukum dan pemerintah.

"Kami heran bagaimana mereka berani melakukan pengerukan emas dengan menggunakan kapal sedang izin, mereka tidak kantongi dan hingga kini tidak ada tindakan tegas," ucapnya.

Hasansar juga meminta agar pihak terkait untuk turun tangan guna menertibkan aktivitas kapal Tiongkok tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral