Dokumentasi Polda Sumut..
Sumber :
  • Istimewa.

Banyaknya Kasus Terkait Pekerja Migran di Luar Negeri, Polda Sumut dan BP3MI Jalin Kerja Sama

Rabu, 5 Juni 2024 - 14:56 WIB

Medan, tvOnenews.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran (BP3MI). Adapun PKS itu membahas soal perlindungan pekerja migran yang ada di luar negeri.

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol Imam Agung Setya Efendi, mengatakan, kerjasama dengan BP3MI sendiri di antaranya dengan melakukan pertukaran informasi sehingga memaksimalkan perlindungan bagi para pekerja migran di luar negeri.

"Untuk perlindungan pekerja migran, kita lebih konkrit kan, kita mudahkan lagi melalui tukar menukar informasi dan data yang real time sehingga memudahkan kita bertindak cepat untuk menyelamatkan dan menangani tenaga kerja migran kita yang bermasalah di luar negeri," terangnya.

Tak hanya menyoal penyelamatan, kerjasama dengan BP3MI juga menyasar pada pencegahan terjadinya masalah bagi pekerja migran.

"Ataupun kita juga mencegah agar hal itu (masalah,red) sejak dari tempat pemberangkatan di Sumut," sebutnya.

Menyoal banyaknya fenomena para pekerja migran yang menjadi objek eksploitasi di Sumut, Kapolda Irjen Agung Imam Setya Efendi mengatakan pihak nya terus melakukan sosialisasi agar para pekerja migran yang didominasi anak muda ini tidak gampang tergiur.

"Untuk itu kita terus melakukan sosialisasi agar para calon pekerja migran ini melengkapi administrasi apa yang dibutuhkan. Seperti halnya di dalam negeri, begitu juga di luar negeri bahwa setiap pekerjaan harus memenuhi administrasi yang dibutuhkan. Jadi ini akan mencegah terjadinya masalah bagi pekerja migran di luar negeri," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral