Perbaikan jaringan listrik PLN..
Sumber :
  • Tim tvOne/Sri Gustina Hasan

Pemadaman Listrik di Sumatera Utara Berlanjut, Ternyata Ini Penyebabnya 

Rabu, 5 Juni 2024 - 10:20 WIB

Medan, tvOnenews.com - Pemadaman listrik di Medan dan sekitarnya berlanjut hingga hari ini, Rabu (5/6/2024), setelah sejumlah wilayah juga padam sejak Selasa kemarin.

Padamnya aliran listrik yang terjadi mulai Selasa (4/6/) membuat warga Kota Medan dan sekitarnya heboh, pasalnya pemadaman yang dialami warga berlangsung selama 4 jam bahkan lebih tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Manager Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Sumatera Utara, Surya Sahputra Sitepu menjelaskan, pemadaman itu terjadi disebabkan gangguan kelistrikan pada jaringan transmisi di Sumatera Bagian Selatan secara bertahap. 

Pemadaman dilakukan akibat adanya gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat. Sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera.

"Hingga Rabu (5/6/2024) pukul 01.00 WIB, kondisi kelistrikan lebih dari 90 persen atau lebih dari 2 juta pelanggan terdampak di wilayah Sumatera Utara telah kembali menyala," katanya.

Dikatakannya lagi, secara bertahap penormalan dilanjutkan ke jaringan distribusi pelanggan lain yang masih terdampak padam. "Padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis dan memerlukan waktu dalam penyalaan kembali, terutama PLTU," sambungnya.

Ia melanjutkan, dalam proses pemulihan ini diperlukan manajemen pengaturan beban untuk menjaga kestabilan listrik pada wilayah terdampak. "PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. PLN menerjunkan ratusan petugas yang terus bersiaga di lapangan dan juga di pusat kontrol untuk pemulihan seluruh sistem secepatnya," pungkasnya. (sgh/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral