Satgas Emak-emak Tangkal Money Politik di Riau.
Sumber :
  • istimewa

Satgas Emak-emak Tangkal Money Politik di Riau

Sabtu, 13 Januari 2024 - 16:21 WIB

Riau, tvOnenews.com - Memasuki Tahun Politik yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang. Fenomena politik uang atau Money Politic kerap terjadi di tengah masyarakat sangat sulit untuk dihilangkan bahkan telah menjadi budaya atau kebiasaan yang dilakukan oleh peserta pemilihan umum atau kontestan politik tertentu untuk mendulang suara terbanyak dari masyarakat.

Petugas Kepolisian Rokan Hulu pun kini memikiki cara untuk menangkal Politik Uang, dengan membentuk Satgas Emak Emak anti Money Politik di  setiap Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau (13/1/2024).

"Kami ingin pemilu damai, adil, jujur dan lancar, hingga membentuk tim satgas emak emak di setiap kecamatan yang ada di kabupaten rokan hulu," Sebut Kapolres Rokan HuluAKBP budi Setiyono.

Dengan memgumpulkan emak emak, Polres Rokan Hulu menginisiasi dan memfasilitasi terbentuknya Kepengurusan Satuan Tugas Anti Politik Uang yang didominasi kaum emak emak yang rentan mendapat serangan fazar, sambung AKBP Budi.

Nantinya Satgas Anti Politik Uang ini,  memiliki komitmen guna melakukan sosialisasi dan pembinaan kemasyarakatan lainnya agar menjadi pemilih yang cerdas.

“Adanya keterbatasan sumberdaya manusia lembaga pengawas pemilu untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu sehingga mengakibatkan tidak semua warga masyarakat dapat didampingi di dalam merespon dinamisnya politik uang," ujarnya

"Maka Pihak Kepolisian sebagai garda terdepan Pengamanan pemilu mengupayakan satu terobosan yang paling mendesak guna memutus rantai politik transaksional yang secara kreatif dapat menghancurkan makna demokrasi secara berkelanjutan,” tutup AKBP Budi Setiyono. (aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral