Penjabat Gubernur Suamatera Utara dalam kegiatan Pendatanganan Pembaharuan Working Level Agreeement Bus Rapid Transit Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang) (ANTARA/HO-Humas Pemrpov Sumut).
Sumber :
  • Antara

Pemprov Sumut Sepakati Rencana Pembangunan BRT Mebidang Rp1,9 Triliun

Senin, 16 Oktober 2023 - 14:43 WIB

Medan, tvOnenews.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyepakati pembaharuan Working Level Agreement (WLA) atau perjanjian rencana kerja pembangunan Bus Rapid Transit (BRT) Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang) senilai Rp1,9 triliun.

Pj Gubenur Sumut Hassanudin mengatakan proyek ini merupakan percontohan nasional dengan dukungan World Bank untuk proyek transportasi massal di Indonesia, sekaligus target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2018-2023.

“Proses Data Flow Diagram (DFD) akan selesai Januari 2024, BRT Mebidang lintasannya 21 km, dedicated link dengan halte besar 31 halte, memiliki 17 rute menjangkau Medan, Binjai dan Deliserdang dengan 515 bus, dukungan depo, halte, jalur khusus ITS bus dengan anggaran Rp1,9 triliun," ujar Hassanudin usai penandatanganan rencana kerja pembangunan BRT Mebidang di Medan, Senin (16/10/2023).

Ia menjelaskan penandatanganan rencana kerja pembangunan BRT Mebidang ini menindaklanjuti dari penandatanganan MoU pembangunan BRT Mebidang yang dilakukan Januari tahun 2022 lalu.

“Pembangunan proyek tersebut dibiayai mitra pembangunan yakni World Bank dan AFD Prancis," sebutnya.

Hassanudin berharap kesepakatan yang telah ditandatangani nantinya menjadi pedoman para pihak terkait untuk mengimplementasikan transportasi massal Mebidang, sekaligus untuk mewujudkan transportasi yang lebih baik di masa depan.

“Saya harapkan seluruh pemangku kepentingan dalam WLA bisa bersinergi dan berkolaborasi, sehingga pembangunan BRT Mebidang ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat Sumut," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral