Warga Muba Ikuti Tradisi Bekarang di Musim Kemarau.
Sumber :
  • Tim TvOne/Puja Kusuma

Ribuan Warga Muba Ikuti Tradisi Bekarang Dimusim Kemarau

Senin, 4 September 2023 - 12:48 WIB

Musi Banyuasin, tvOnemews.com - Ribuan warga Musi Banyuasin (MUBA) beramai-ramai mengikuti kegiatan tradisi Bekarang, mencari ikan di saat musim kemarau tiba. Di Tahun 2023 ini bekarang dilaksanakan di Lubuk Besak Sungai Care Desa Bandar Jaya Kecamatan Sekayu, hingga membuat warga mendadak heboh, Senin (4/9/2023).

Ribuan warga tampak tak sabar ingin mengikuti rangkaian kegiatan Bekarang yang dihadiri langsung Pj Bupati Apriyadi Mahmud beserta istri Asna Aini Apriyadi. 

"Bekarang tidak hanya sekedar event atau kegiatan bagi masyarakat Kabupaten Muba, namun merupakan tradisi di masyarakat dalam bersukaria atas keberkahan melimpahnya hasil alam, berupa ikan air tawar dengan berbagai jenis," ujar Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

"Saya ingatkan dan terus lakukan sosialisasi agar tidak mengunakan cara tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menangkap ikan salah-satunya ialah bekarang. Mari kita budayakan menangkap ikan tanpa meracuni, karena gemar memakan ikan salah satu upaya kita bisa terhindar dari stunting," kata Apriyadi. 

Sebelum turun berjibaku bekarang bersama warga, Apriyadi meluangkan waktu memberikan bantuan 40 paket sembako kepada warga kurang mampu untuk meringankan beban hidup sehari hari yang sebagian besar adalah nelayan.

Lanjutnya, nantinya dalam penyelenggaraan kegiatan ini, berharap masyarakat Kabupaten Muba dapat menjaga dan merawat serta mempromosikan mengenai event bekarang ini. 

"Agar dapat meningkatkan promosi pariwisata dan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Muba, sehingga nantinya memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi daerah," tandasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:46
01:57
09:29
02:21
02:42
37:55
Viral