Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis didampingi Kadis Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan meninjau pelaksanaan imunisasi HPV..
Sumber :
  • Tim tvOne/Ahmidal Yauzar

Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, Dinkes Sumut Targetkan 135.445 Anak Perempuan Dapatkan Vaksin Gratis

Sabtu, 2 September 2023 - 07:30 WIB

Medan, tvOnenews.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menargetkan 135.445 anak perempuan mendapatkan imunisasi Human Papilomavirus Vaccine (HPV) sebagai upaya pencegahan kanker serviks sejak dini. Jenis vaksin ini dapat membantu melindungi kaum perempuan dari infeksi Virus Papiloma, yang merupakan penyebab utama kanker serviks (kanker leher rahim).

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, pemberian imunisasi HPV ini dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak interval 1 tahun sejak dosis pertama disuntikan.

"Jadi kita harapkan seluruh anak perempuan usia 11 sampai 12 tahun wajib mendapatkan ini. Baik di sekolah maupun di luar sekolah, seperti anak jalanan, anak panti asuhan, tahanan anak, pengungsi, anak putus sekolah dan berkebutuhan khusus sehingga mereka terhindar dari penyakit kanker serviks,” sebut Alwi Mujahit Hasibuan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak masyarakat, terutama kaum ibu untuk mendukung suksesnya pelaksanaan imunisasi Human Papilomavirus Vaccine (HPV).

"Vaksin ini membantu melindungi kaum perempuan dari infeksi Virus Papiloma, yang merupakan penyebab utama kanker leher rahim. Jadi kita sasar anak-anak yang memasuki masa remaja," kata Nawal Lubis, saat meninjau pemberian vaksin kepada 50 murid perempuan di Sekolah Dasar (SD) Negeri Percontohan, Jalan Sei Petani Nomor 19 Medan, Jumat (1/9/2023).

Melihat risiko jenis kanker ini berpotensi menyerang perempuan, Nawal berharap, tidak lagi ada masyarakat yang menolak, apalagi ibu-ibu yang memiliki anak perempuan usia 11 dan 12 tahun untuk bisa memanfaatkan program pemerintah ini.

"Kita sukseskan dan manfaatkan program imunisasi HPV, ini gratis. Kalau biaya di luar pemerintah ini mahal. Orang tua, pihak sekolah dan masyarakat luas juga harus mendukung. Pesan saya untuk anak-anakku tercinta, jangan lewatkan imunisasi HPV ini. Karena ini salah satu upaya dan bentuk kasih sayang kami agar kalian terhindar dari bahaya kanker serviks dan bisa menjadi generasi yang sehat, unggul dan bermartabat," harap Nawal. (ayr/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral