Sotong Masak Hitam khas Melayu..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Kurnia

Sotong Masak Hitam Khas Melayu: Hidangan Seafood Unik Menggugah Selera dengan Kuah Berwarna Hitam yang Menggoda

Sabtu, 10 Juni 2023 - 14:37 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Sotong atau Cumi merupakan komoditas laut yang dapat diolah dalam berbagai jenis masakan lezat. Dari sotong goreng tepung, sotong saus padang, hingga sotong tumis, variasi hidangan sotong sangat menggugah selera pecinta kuliner seafood.

Salah satu hidangan sotong yang khas dan menarik perhatian para penggemar seafood adalah "sotong masak hitam". Sotong Masak Hitam memiliki rasa yang lezat dengan kombinasi gurih, sedikit manis, dan sentuhan pedas.

Seperti namanya, sotong "masak hitam" memiliki ciri khas kuah berwarna hitam yang unik. Warna hitam ini berasal dari kantong tinta hitam yang terdapat di dalam tubuh sotong, yang kemudian diolah bersama bumbu masakan.

Makanan khas Melayu, sotong masak hitam, dapat ditemukan di Rumah Makan Seafood dan warung makan khas Melayu di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

"Yang memberikan daging dan kuah sotong hitam adalah tinta sotong itu sendiri. Jadi, saat membersihkan sotong, jangan buang kantong tinta, tetapi bagian lainnya seperti mulut sotong dan tulang harus dibersihkan," ujar Ayu, seorang juru masak di salah satu Rumah Makan Seafood di Tanjungpinang, Sabtu (10/6/2023).

Sebelum diolah menjadi hidangan lezat, sotong laut harus dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkan sotong sebaiknya menggunakan air bersih dan mengalir. Selanjutnya, tulang harus dibuang hingga mulut pada sotong benar-benar bersih.

Setelah sotong bersih, sirami dengan air perasan jeruk nipis. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan rasa dan bau anyir pada sotong yang akan dimasak. Selanjutnya, persiapkan bahan-bahan untuk membuat sotong masak hitam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral