Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU Siapkan Teleskop Pantau Hilal.
Sumber :
  • Tim TvOne/Bahana

Pastikan 1 Ramadhan, Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU Siapkan Teleskop Pantau Hilal

Selasa, 21 Maret 2023 - 08:46 WIB

Medan, tvOnenews.com - Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menyiapkan empat unit teleskop untuk melakukan pemantauan hilal awal Ramadhan yang akan dilakukan pada Rabu (22/3/2023), di Kampus Pascasarjana UMSU, Jalan Denai, Tegal Sari Mandala, Kota Medan, Sumatera Utara.

Sejumlah alat juga sudah disiapkan di Rooftop Gedung Pascasarjana UMSU. Di antaranya, empat unit teleskop, mounting kamera serta alat untuk melakukan live streaming.

Kepala Observatorium Ilmu Falak UMSU, Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar menjelaskan, pemantauan hilal ini rutin dilakukan oleh Tim OIF UMSU tidak hanya awal Ramadhan dan Syawal namun juga penentuan awal masuknya bulan.

"Setiap awal memasuki bulan Ramadhan dan Syawal, Tim OIF UMSU rutin melakukan pemantauan hilal. Di luar dari itu, kita juga rutin melalukan penentuan awal masuknya bulan," kata Arwin kepada tvOnenews.com, Senin (20/3/2023).

Arwin juga menjelaskan, dalam penentuan jatuhnya 1 Ramadhan ada berbagai cara dan instrumen dalam pengamatan. Bisa secara kasat mata dan menggunakan instrumen optik seperti halnya menggunakan teleskop.

Namun, kondisi cuaca di Kota Medan yang tidak terlalu cerah dalam beberapa hari ini dan banyaknya awan yang meliputi ufuk barat tempat munculnya hilal, diprediksi hilal sulit terlihat.

"Melihat kondisi cuaca yang dalam beberapa hari ini banyak awan bisa diprediksi hilal sulit untuk terlihat dan bahkan tidak terlihat. Ketinggian hilal yang sangat rendah juga menjadi faktor hilal untuk sulit terlihat," tutupnya. (Bsg/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
11:02
22:51
06:02
01:24
05:26
Viral