Penumpang kapal Q Ekspres yang alami kebocoran di Perairan Buton Selatan, dievakuasi Tim SAR..
Sumber :
  • Jamil Azali

Kapal Q Ekspres Alami Kebocoran di Perairan Buton Selatan, Tim SAR Evakuasi Puluhan Penumpang di Tengah Ombak Besar

Jumat, 17 Mei 2024 - 18:43 WIB

Buton Selatan, tvOnenews.com - Sebuah kapal rakyat bernama Q Ekpres yang mengangkut puluhan penumpang mengalami kebocoran di perairan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Kamis (16/5/2024) siang. Tim SAR berhasil mengevakuasi seluruh penumpang di tengah kepungan ombak besar.

Suasana kepanikan puluhan penumpang kapal Q Ekpres mulai terasa saat kapal tujuan Pulau Batu Atas mengalami kebocoran pada haluan kapal di perairan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, seluruh penumpang langsung mengenakan jaket pelampung karena khawatir kapal akan tenggelam.

Tim SAR Baubau mendapat laporan dari salah satu POB kapal sekira pukul 11.20 WITA. Tim SAR langsung bergegas ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan. Tim SAR menemukan kapal Q Ekspres terombang-ambing di laut dan sempat kesulitan melakukan evakuasi akibat besarnya ombak. Kapal tersebut kemudian dipandu menuju pulau terdekat agar memudahkan proses evakuasi.

"Setelah kami menerima laporan terkait adanya kapal yang mengalami kebocoran di perairan Buton Selatan, kami langsung bergegas ke LKP untuk melakukan penyelamatan," kata Kepala Basarnas Kendari, Muhammad Arafah, dalam keterangan persnya.

Setelah berjibaku di tengah kepungan ombak besar selama lebih dari satu jam, tim SAR akhir berhasil mengevakuasi seluruh penumpang yang berjumlah 30 orang ke kapal RB 210 milik Basarnas.

Kapal Q Ekpres mengangkut 30 penumpang yang terdiri dari beberapa anak-anak dan bayi serta 6 ABK. Kapal tersebut bertolak dari Baubau hendak menuju pulau Batu Atas yang merupakan pulau terluar di Kabupaten Buton Selatan.

"Seluruh penumpang kapal yang berjumlah 30 orang berhasil dievakuasi dan kini telah diantar ke tujuan awal di pulau Batu Atas, sementara 6 ABK masih bertahan di kapal untuk melakukan perbaikan di pesisir pantai Desa Masiri," pungkasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral